header Diary Jingga

Teknik Foto dengan Smartphone

Posting Komentar
Teknik Foto


Sekarang ini hampir semua smartphone ada fitur kamera foto. Sejalan dengan perkembangannya masing-masing brand smartphone berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitas bidikan fotonya. Tak hanya satu, bahkan dalam satu smartphone kita bisa temukan lebih dari dua kamera kini. Dengan kelengkapan itu, siapa saja bisa membuat foto lebih menarik dengan berbagai fitur yang tersedia. Hanya saja kemampuan seseorang dalam mengambil angel foto berbeda-beda. Lantas bagaimana sih tips agar foto yang dihasilkan menjadi ciamik atau instagramable. 

Kali ini aku mau bagikan tips dan trik bagaimana menggunakan smartphone untuk foto yang keren. Tips ini aku dapat dari kelas marathon coaching growthing hari kedua. Coach cantik bernama Gilang yang menyampaikan materi tetang seni fotografi tersebut. Karena kamera yang digunakan adalah kamera smartphone bukan kamera profesional seperti dslr, jadi materi ini sangat membuat aku excited. Secara aku suka foto, tapi lebih ke foto objek dibanding swafoto. Jadilah aku coba share kembali materinya di sini biar aku pun tambah ngerti hehehe. Ilmu itu kan semakin dibagikan semakin terasah. Yuk kita mulai dari manfaatnya dulu.

Foto Untuk mempercantik Artikel Blog 

Berikut manfaat foto dalam optimasi blog menurut gemaulani.com 

1. Melengkapi gambaran isual dari isi artikel yang sedang dibahas

2. Menarik perhatian pengunjung

3. Sebagai pembatas antar beberapa paragraf agar tidak lelah saat membaca artikel yang panjang

4. Kemungkinan artikel di share oleh pengunjung ke media sosial lebih besar

Nah, dari sini kita menjadi aware terhadap foto yang harus ditampilakan dalam artikel blog kita. Tidak lagi asal comot, namun memperhatikan artistiknya juga. Lalu apa saja yang harus diperhatikan supaya foto bisa tampil paripurna. 

Sumber Foto Bagus Tak Selalu Harus Bayar

Banyak sekali foto yang bisa kita ambil dari laman-lamat fotografi yang gratis. Fotonya pun tak kalah cantik-cantik. Sebut saja pixabay, pexels, unplash, flickr, freeimages dan banyak lagi. Aku sendiri kalau butuh referensi dan untuk edit-edit pakai canva. Selain ambil dari apilkasi lain, tentunya foto hasil jepretan sendiri akan jauh lebih membuat kita nyaman. Lalu bagaimana sih membidik foto sendiri? Emang bisa bikin foto yang bagus dari smartphone? Sebelum menjawab itu, terlebih dulu kita bahas manfaat memakai foto original hasil jepretan sendiri. 

Manfaat Menggunaakan Foto Hasil Jepretan Sendiri

1. Tidak khawatir tentang copyright atau hak ciptanya juga pajak yang mengikuti atau bahkan denda         jika kita menyalahi atura memakai foto orang seenaknya

2. Lebih meyakinkan saat harus meliput tempat atau produk 

3. Gambar tidak mudah ditemui 

4. Sebagai branding

5. Bisa dapat backline gratis

Setelah kita tahu apa saja manfaatnya, selanjutnya kita kupas kelebihan dan kekurangan menggunakan smartphone dengan jepretan sendiri

Kelebihan Foto smartphone

- Smartphone dimiliki oleh hampir semua orang, tua, muda.
- Kegunaannya relatif mudah dan mudah dibawa kemana- mana
- Tidak perlu report tranfer file dari memori ke smasrtphone 
- Bisa diedit langsung
- Relatif bagus untuk diaplikasikan pada media sosial dan blog 

Kekurangan Foto Smartphone

- Kualitas lensa di bawah rata-rata kamera profesional
- Sulit memotret saat minim cahaya
- Saat diperbesar kadang pecah
- Rawan noise dan distorsi 

Walau begitu Sobat Vie tak usah khawatir, tetap semangat dan fokus pada kelebihannya saja selama kita belum memiliki kamera profesional kamera smartphone pun jadi. Seperti pepatah tak ada rotan, akar pun jadi. 

Lalu apa saja yang harus disiapkan untuk memulai Foto?

* Ponsel berkamera
   Gunakan kamera smartphone yang memiliki resoluis minimal 12 megapixel. Ukuran ini cukup untuk    kualitas foto yang akan kita buat. Atur kualitas gambar hight quality. 

* Tentukan tema dan konsep foto 
   Tema dapat ditentukan di awal saat kita mulai mau memotret. Tentunya pemilihan tema ini penting        dilakukan di awal. 

* Nuansa dan properti yang akan digunakan
   Setelah tema ditentukan maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan properti untuk mempercantik       foto. Kita mau pakai nuansa apa dan waran apa.

* Pencahayaan 
   Dalam pencahayaan hal yang harus diperhatikan adalah dari mana arah datangnya cahaya. Karena        sumber cahaya sangat mempengaruhi kualitas foto nantinya.

* Pilih backdrop
   Dalam memilih backdrop atau alas yang akan dipakai untuk foto. Kita bisa gunakan yang ada. Kertas    putih hvs atau kartos putih pun bisa dijadikan sebagai backdrop untuk foto-foto yang ukurannya tidak    terlalu besar.

* Angel 
   Ada macam-macam angel yang bisa dipakai dalam membidik objek 
   - Eye view - Normal artinya sejajar dengan mata
   - Low angel - posisi kamera lebih rendah dari objek
   - High angel - Posisi kamera lebih tinggi dar objek 
   - Bird's eye view / flatlay - posisi kamera dari atas kurus ke objek yang disimpan tergeletak 

Hal Yang Harus dihindari saat mengambil foto di smartphone

1. Hindari terlalu banyak croping 
2. Jangan di zoom
3. Hindari penggunaan flash
4. Jangan mengubah warna asli terutama untuk suatu produk
5. Hindari menggunakan kamera belakang. 

Nah itu tadi tips and trik yang bisa dipakai untuk membidik objek atau foto dengan smartphone. Jangan puas dulu ya Sob, terus mengembangkan diri dalam hal apa pun yang menjadi passion kamu. jangan setengah- setengah. Jika kamu emang hobi fotografi ya, cari ilmu foto dengan smartphone sekali pun tetap akan bagus asal tahu tekniknya.  
Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email