header Diary Jingga

Odop Blogger Squad? Berkumpul, berkarya, dan konsisten

1 komentar

 




Jika aku ditanya apa yang terpikir jika Odop Blogger Squad disebut, maka tiga kata yang ada dalam benakku yaitu berkumpul, berkarya dan konsisten. Mengapa demikian? Karena sejatinya yang menaungi komunitas ini adalah Odop yang kita tahu kependekan dari one day one post. Jelas harus rutin posting, artinya berkarya dong yaa. Berkarya melalui tulisan di web blog dan konsisten. Satu kata terakhir ini mudah diucapkan dan sulit dijalankan, setidaknya itu yang aku rasakan.


Berikut beberapa tahap yang akan aku coba uraikan terkait apa-apa yang mungkin kalian ingin ketahui mengenai komunitas Odop Blogger Squad (OBS) ini.


Tahap I Syarat Masuk Odop Blogger Squad (OBS)


Adalah aku salah satu orang yang cukup beruntung bisa masuk komunitas ini. Berawal dari niat untuk memberanikan diri mendaftar dan menguji diri selama 60 hari tanpa putus berkarya sebagai syarat open rekrutmen anggota baru komunitas Odop. Setelah lulus aku bisa menyandang anggota komunitas Odop batch 8 barulah bisa mendaftar ke divisi-divisi dalam komunitas Odop ini. Jadi untuk masuk ke OBS kalian harus lulus dulu jadi anggota komunitas Odop yaa.


Tahap II Tantangan di OBS



Awal bulan ini semua divisi Odop membuka programnya ada Odop Tembus Media, Odop Platform, Odop nulis buku, dan tentunya Odop Blogger Squad yang kita bahas sekarang. Divisi ini tentunya berisi orang-orang yang mempunyai perhatian khusus terhadap blog dari yang sudah mahir dan sudah malang melintang di dunia blog seperti Mbak Marita dan Mbak Jihan yang menjadi juru kemudi atas program-program yang akan dilaksanakan.


Semacam oprec (open recrutment) pada divisi ini juga, seluruh anggota mendapat materi dan challange secara rutin. Program challange ini berlangsung untuk menguji ketahanan anggotanya sejauh mana bisa terus berkarya dan konsisten dalam lingkup komunitas. Jika tidak bisa konsisten mengerjakan tugasnya maka bersiaplah diantar ke gerbang oleh para admin. Ya, komunitas ini berbasis daring (dalam jaringan) atau online semua materi dan koordinasi diatur dalam sebuah group WhatsApp.


Tahap Akhir OBS menjadi Profesional yang Konsisten


Professional dan konsisten, itu sih yang ada di pikiranku, karena aku sendiri masih berproses di tahap II. Belum tahu bagaimana melalui proses dan lulus di tahap ini lalu apa yang akan dilakukan di tahap selanjutnya. Pastinya setiap awal akan ada akhir yang diperjuangkan. Jika kita hobi menulis di blog lalu dengan ilmu-ilmu dan sharing antar sesama anggota komunitas harusnya kita bisa menjadikan hobi ini menjadi skill yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan dolar.


Apa saja keuntungan bergabung di OBS?



Relasi


Ini suatu hal yang pasti ya dalam komunitas pasti kita menambah relasi atau rekan dengan satu passion yang sama. Tentu saja sangat berpengaruh pada kinerja kita.


Pengalaman


Semakin kita fokus dan belajar maka pengalaman dan upaya upgrade diri menjadi hal yang tak begitu sulit jika kita masuk komunitas dengan kacamata yang sama.


Peluang bisnis


Menekuni dunia blog secara serius akan mempunyai efek samping kita kebanjiran job. Gak percaya? Coba saja. Semakin konsisten kita menulis lalu dilengkapi dengan gambar yang menarik serta mengikuti kaidah SEO dalam penulisan maka semakin banyak orang yang akan melirik kita untuk jasa-jasa seperti copywriter dan lain-lain. Belum lagi kalau kita sudah dikaitkan dengan google adsense, maka bersiaplah mendulang uang dari iklan yang dipasang pada artikel kita.


menarik bukan? Itu tadi hal-hal terkait blog dan salah satu komunitas blogger yaitu Odop Blogger Squad. Bagi yang baru tahu infonya, semoga membantu. Jika tertarik ikut OBS ini, ingat syarat awalnya jadi anggota komunitas Odop dulu yaa. Kapan? Tunggu saja dan pantengin media sosial komunitas One Day One Post untuk info recrutment.

Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar

  1. Iya tuh.. Masalah konsistensi dan rutin itu yang paling berat banget bagi seorang blogger.

    Pas ada challenge biasanya rajin, tapi begitu challenge selesai, motivasinya menurun sekali.

    Kalau ada komunitas yang bisa memberikan challenge rutin, pastinya akan sangat bermanfaat dalam membangun konsistensi dalam diri seorang blogger

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email