header Diary Jingga

Metode Penelitian Ilmiah Untuk Pengajuan Tesis

Posting Komentar
Menyiapkan Metode penelitian


Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan dalam Metode Penelitian

Metode penelitian adalah sejumlah ilmu dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam karya tulis ilmiah. Sebelum penelitian itu di mulai tentu bekal ilmu yang cukup serta teknik yang dipakai adalah hal penting yang harus disiapkan. Namun, sebelumnya kita akan memahami dulu apa perbedaan ilmu dan pengetahuan. Kenapa karya tulis ilmiah bukan karya tulis pengetahuan? Nah, penasaran kan.


Menurut Wikipedia Ilmu adalah usaha - usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Sedangkan pengetahuan adalah berbagai gejalayang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengmatan akal. Ilmu lebih bersifat  empiris, sistematis, objektif, dan verifikatif. Kesimpulannya Ilmu adalah sejenis pengetahuan tapi tidak semua pengetahuan adalah ilmu. 


Langkah-Langkah Metode Penelitian Ilmiah 

a. Mengamati dan mengajukan pertanyaan 

Sebuah proses awal dalam sebuah metode ilmiah adalah melakukan pengamatan. Pengamatan bisa dilakukan terhadaplingkungan sekitar atau terhadap fenomena yang terjadi saat ini. Proses pengamatan bisa melibatkan panca indera kemudian tekhnisnya bisa berupa wawancara, eksperimen dan lain-lain. Setelah itu dilakukan maka akan muncul pertanyaan yang mendasar tentang suatu masalah atau hubungan antar satu dengan lainnya dari proses pengamatan. 

b. Membuat hipotesis 

Langkah selanjutnya adalah membuat hipotesis atau dugaan sementara dari suatu temuan apakah ada hubunganya atau tidak dengan pengamatan yang sudah dilakukan. 

c.Merancang pengujian hipotesis 

Suatu hipotesis harus diuji sebelumnya hal yang harus disiapkan adalah instrumen yang akan dipakai untu pengujian hipotesis entah itu dalam bentuk wawancara, eksperimen atau pengamatan dari penelitian sebelumnya. Langkah ini merupakan tekhnis untuk menguji 

d. Melakukan pengujian hipotesis

Barulah setelah instumen siap suatu hipotesis akan diuji apakah hipotesis nantinya diterima atau pun ditolak 

e. Menarik kesimpulan dan menginformasikan hasil yang diperoleh pada masyarakat sains. 

Setelah kesimpilan didapat, hasil penelitian harus dipublikasikan. Satu hal tidak semua hipotesis itu terbukti atau diterima. Hasil kesimpulan sangat tergantung pada hasil penelitian. Intinya adalah kesimpulan disampaikan sebagai informasi apakah hipotesis itu diterima apa ditolak. 

Jenis- Jenis  Pendekatan Metode Penelitian 

a. Kualitatif

Kualitatif adalah salah satu tekhnik pendekatan penelitian di mana pendekatan ini berlandaskan filsafat positvisme yang mengangkat gejala-gejala sosial berdasarkan fakta sosial yang terjadi. Pendektan Penelitian ini berkembang dan bersifat dinamis, masalah yang terjadi pun bisa berkembang sesuai fakta di lapangan 

b. Kuantitatif

Pendekatan penelitian selanjutnya adalah kuantitatif. Pendekatan ini tujuannya adalah untuk menguji sebuah kajian dengan cara menghubungkan berbagai variabel yang nantinya diuji dengan menggunakan intrumen. Perhitungan untuk pengujiannya dilakukan dengan prosedur statistik. 

c. Mix antara kualitatif dan kuantitatif 

Penelitian mix atau campuran antara kualitatif dan kuantitatif adalah pendekatan penelitian di mana keduanya digabungkan dalam satu penelitian. Pada penelitian campuran, maka pendekatan yang dipakai menggunakan data yang lebih komprehensif, reliabel, valid dan objektif. 

Perbedaan yang mendasar antara kualitatif dan kuantitatif dalam Metode Penelitian 
Jika kualitatif sangat erat kaitannya dengan data dan perhitungan statistik, sedang pada kualitatif lebih mengedepankan temuan-temuan yang terjadi di lapangan saat penelitian berlangsung. Jika kuantitatif adalah pendekatan yang dipakai untuk menguji seberapa besar pengaruh antar variabel dalam suatu kajian teori. Sedangkan kualitatif adalah pengujian terhadap teori sebelumnya. 

Jenis- Jenis Metode Penelitian

Seperti sudah dibahas sebelumnya,  pendekatan dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu kualitatif dan kuantitatif. Masing-masing pendekatan memiliki metode penelitian yang berbeda . 

Metode dalam  penelitian kualitatif 
*  Naratif
*  Enomenologi
*  Etnografi
*  Study kasus 
* Grounded theory

Metode dalam penelitian kuantitatif
* Asosiatif 
* Komparatif

Metode dalam penelitian Mix kuantitatif dan kualitatif contohnya 
*  Evaluatif
*  Action research 
*  Research and development (R&D). 

Judul penelitian untuk tesis

Judul : “Pengembangan Peranan Teknologi Digital Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran IPA  Jarak Jauh di SMP Wilayah Subrayon Cicurug.” 

Pendekatan yang akan dipakai untuk judul di atas adalah mix atau campuran kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode  Research and Development (R&D) 

Nah, itu tadi langkah-langkah dalam menentukan metode penelitian sebelum kita memulai melakukan sebuah research untuk karya tulis ilmiah. Metode ini disesuaikan dengan jenis pendekatan penelitian yang akan dipakai. Semoga artikel singkat ini bermanfaat, terutama buat kamu yang mau mulai nyusun skripsi atau tesis. 

Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email