header Diary Jingga

Pantai eksotis Batu Bintang

12 komentar
 
Pantai-Batu-Bintang

Pantai Batu Bintang, salah satu wisata pantai selatan Pelabuhan Ratu Sukabumi. Dengan hamparan pasir halus dan pemandangan yang sangat eksotis. Tumpukan batu serupa dermaga yang membatasi kawasan PLTU tertanam cantik menghias pantai yang kemudian disebut batu bintang karena keindahan dan kerapihan arsitektur nya.



Bulan lalu aku dan keluarga memilih tempat itu sebagai tujuan wisata yang dirasa cukup aman saat kondisi seperti sekarang yang tak biasa. Sudah cukup lama juga tidak ke tempat wisata. Dalam kondisi pandemi begini, sedikit ragu untuk bercampur baur dengan banyak orang. Khawatir tertular.


Karena si anak sudah jenuh belajar di rumah, akhirnya kami putuskan pergi dengan dengan segala persiapan protokol kesehatan. Ya, ini menjadi penting dan cukup menenangkan menyiapkan segala hal untuk mengurangi resiko tertular.


Beberapa hal yang wajib disiapkan jika ingin tetap bepergian di masa adaptasi kebiasaan baru kala pandemi Covid-19 masih berlangsung.

* Masker

* Hand sanitizer

* Tisu basah

* P3K

* Bekal makanan dan minuman dari rumah

* Menggunakan kendaraan pribadi

Rute Pantai Batu Bintang

 
Foto google map Batu bintang


Pantai ini terletak di selatan Sukabumi. Tepatnya di Pelabuhan Ratu. Menjadi tak asing jika kita mendengar pantai ini karena cukup populer di kalangan masyarakat Jawa Barat juga Jakarta dan sekitarnya.


Jika kita berangkat dari Jakarta menuju Pantai Batu Bintang maka rute yang bisa dilalui adalah sebagai berikut 

Menggunakan kendaraan pribadi


Jika menggunakan kendaraan pribadi maka kita bisa mengambil rute jalan tol Jagorawi lalu keluar tol Bocimi terbaru. Saat keluar tol akan memasuki daerah Cigombong yaitu perbatasan Bogor dan Sukabumi. Dari pintu keluar kalian bisa belok kiri langsung kemudian melanjutkan perjalanan sampai melewati pasar Cibadak. Setelahnya belok kanan menuju jalan utama arah pelabuhan ratu. Lebih mudahnya bisa menggunakan akses google map.


Sampai di alun-alun kota pelabuhan ratu, sebelum tempat pelelangan ikan kita akan belok kiri. Sebagai penanda ada toserba Selamat sebagai penanda masuk arah jalan Cipatuguran. Sekitar tiga kilometer kita akan sampai di pantai nan eksotis batu bintang yang bersebelahan dengan PLTU 2 Jawa Barat.

Menggunakan kendaraan umum


Jika kamu memilih perjalanan ala backpacker dengan menggunakan bus. Carilah bus dengan tujuan pelabuhan ratu. Jika kalian dari Jakarta atau Bogor. Tapi karena jarang dari Jakarta langsung ke pelabuhan ratu. Maka kalian bisa transit di Bogor untuk kemudian pindah bus jurusan Pelabuhan Ratu.


Nanti setelah sampai di terminal pelabuhan ratu. Kalian bisa menggunakan jasa taksi online atau ojek online menuju ke pantai batu bintang. Karena tidak ada angkutan umum yang lewat ke sana. Jalur pantai batu bintang memang berbeda dengan jalur deretan pantai selatan lain yang terlewati angkutan umum dan terletak sepanjang bibir pantai juga berada di dekat jalan utama seperti pantai Karang Sari, Citepus, dan Karang Hawu yang populer. 

Harga Tiket Masuk 

Hampir di seluruh wilayah pantai pelabuhan ratu tidak ada tiket khusus untuk perorangan. Kita hanya diminta untuk biaya parkir kendaraan. Jika di rata-rata pantai di sana menerapkan Rp. 20.000,- per mobil maka di pantai ini kita belum ditentukan nominalnya. 

Karena masih dikelola oleh masyarakat setempat, aku sendiri saat ke sana hanya diminta Rp. 10.000,- untuk parkir. Entah karena flat mobilku juga masih wilayah Sukabumi. 

Mengapa Pantai Batu Bintang Layak dikunjungi


 
PLTU Jawa Barat 2


Jalur pantai Batu Bintang belok kiri dari wilayah kota sebelum masuk jalur khusus wisata pelabuhan ratu. Ini yang menyebabkan pantai ini relatif sepi dan masih bersih. Bahkan pantai Cipatuguran yang merupakan nama lain dari pantai ini disebut sebagai Bali-nya Sukabumi. Karena keindahannya.


Pantai ini memang masih terbilang baru. Namun, di zaman digital seperti Sekarang, promosi melalui media sosial adalah hal yang paling mudah dan cukup murah. Itu yang menyebabkan perkembangan kabar tentang pantai eksotis ini mulai menyebar dengan cepat.


Karena mungkin masih pandemi, atau belum terlalu terkenal layaknya Karang Hawu dan pantai lain di jajaran Samudra Beach Hotel. Pantai ini masih terbilang sepi dan masih bersih. Jadi pantai ini cukup recomended untuk kita yang mau liburan tapi kurang suka keramaian.


Jalur Batu Bintang ini memang berbeda dengan jalur pantai Pelabuhan Ratu pada umumnya. Setelah melewati Alun-alun Kota Pelabuhan Ratu kita bisa belok kiri ke jalan Cipatuguran. Sebelum sampai kita akan melewati Goa Lalay.


Lokasi pantai ini tepat di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa Barat 2. Ketika sampai kita akan memasuki lapangan parkir yang luas. Warung, mushola, kamar mandi dan tenda-tenda sudah tersedia walaupun belum maksimal pengelolaannya.

 

Ketika datang kita akan disambut dengan hamparan pasir hitam yang sangat lembut. Pantai yang landai dan luas juga ombak yang kecil sehingga cukup aman untuk bermain anak-anak.


Datanglah ke sini menjelang sore. Kita bisa berjalan di sepanjang dermaga yang tersusun dari batu-batu cantik serupa bintang. Menikmati angin laut sambil melihat aktivitas kapal PLTU.


Sunset di sini sangat menawan. Kebetulan saat aku ke sana, sedikit mendung. Tapi itu tidak mengurasi keindahan sandikala yang terlukis di antara awan kelabu. Suasana semakin syahdu kala kawanan burung camar terbang menuju persinggahannya.
 
 
Panorama pantai




"Kala lukisan Tuhan tercipta begitu sempurna. Bagaimana manusia bisa lupa akan anugerah yang begitu besar dari Sang Pencipta. Lautan menjadi saksi, tak akan cukup baginya menjadi tinta untuk menuliskan nikmat dari Sang Maha Kuasa." 
~Vie~

Fasilitas di Sekitar Tempat Wisata

  • Lahan Parkir

Pantai ini mempunyai tempat parkir yang sangat luas. Sebuah lapangan yang langsung berhadapan dengan bibir pantai. Kita bisa menghadapkan mobil kita tepat ke arah bentangan laut nan indah.


  • Tempat Ibadah

Sayangnya saat aku kesana belum dibangun masjid. Tapi jangan khawatir, tersedia mushola sederhana dari saung yang cukup bersih dan terawat untuk kita bisa sholat.


  • Kamar mandi dan kamar ganti

kamar mandi sudah cukup banyak ada sekitar sepuluh pintu. Untuk pantai yang masih baru dirintis ini cukup mendukung. Hanya saja memang pengelolaannya kurang maksimal. Cukup nyaman walau kurang penerangan saat malam.

  • Restoran

Di dekat deretan batu bintang memang belum ada restoran. Tapi untuk sekedar makan bakso atau jajanan lain sudah ada dan harganya cukup terjangkau. Namun, jika ingin makan hidangan laut dan tempat yang nyaman untuk makan, maka ada restoran yang tempatnya tidak terlalu jauh dari batu bintang sekitar 300 meter sebelumnya.


  • Penginapan

Tak jauh sebelum keluar jalan Cipatuguran ada sebuah hotel. Sekitar 2 KM dari pantai. Jika tidak pun disepanjang jalan utama bibir pantai banyak sekali penginapan dari mulai yang harga tiga ratus ribu permalam sampai yang jutaan dengan fasilitas lengkap banyak. Atau biar lebih mudah bisa booking melalui aplikasi pemesanan online


  • Tempat oleh - oleh

Belum ada tempat oleh - oleh khusus. Hanya ada yang jual jajanan saja. Aku sendiri waktu kesana hanya membeli umang-umang atau kelomang yang dijual secara terbatas juga. Hanya ada satu dua penjual. Selanjutnya di rumah aku jadikan terarium untuk dipelihara dengan layak.

Tapi jangan khawatir keluar dari jalan Cipatugaran kamu tinggal belok kiri menuju tempat pelelangan ikan. Di sana kamu bisa beli ikan segar yang banyak dengan harga yang terjangkau. Tempatnya pun tidak jauh. 


Nah, itu tadi sahabat Vie. Review aku tentang pantai eksotis batu bintang. Semoga kamu yang letaknya tidak jauh dari Sukabumi ada kesempatan ya secepatnya datang ke pantai ini. Jika kamu dari daerah lain, silahkan tulis di kolom komentar nanti aku jelaskan bagaimana kamu bisa sampai ke salah satu surga di Sukabumi ini. Aku menyebutnya demikian karena pelabuhan ratu menyajikan pantai dengan keindahan yang berbeda pada setiap bagiannya. 





Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

12 komentar

  1. Wiii lengkap sekali ini review... Jadi pengen main ke sana lagi dong. Hehe

    Tempat makan murah meriah tapi rasa mantap mah rekomended yang di Toserba Selamat deh. Hehe

    BalasHapus
  2. Aku selalu mupeng kalau baca review tentang pantai :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mbak kesini aku jemput khusus 🤗

      Hapus
  3. Belum pernah ke sini padahal gak terlalu jauh dari Bogor. Sekali-kalinya ke Pelabuhan Ratu ya hanya yang dekat hotel pelabuhan ratu aja, barengan hari suro jadi ada acara larung kepala kerbau waktu itu.

    BalasHapus
  4. Pelabuhan Ratu makin hari makin pesat ya perkembangannya. Spot wisatanya makin banyak sekarang, Proud to be Sukabumian... :)

    BalasHapus
  5. Aku suka pantai juga mba.. Pantai emang paling tepat deh untuk refreshing

    BalasHapus
  6. Belum pernah ke Sukabumi. Oke masuk listing nih pantai kalau ada kesempatan ke sana!

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email