header Diary Jingga

Mengupas Maia Dewi Seorang Guru Pembelajar

10 komentar
Kali ini aku mau cerita tentang seseorang yang sama-sama guru pembelajar sepertiku. 
Yapp, hari ini mau ghibah dikit. Eittss bentar ghibahnya bukan menceritakan aib orang tapi ini prestasinya. Boleh kan? Boleh banget dong, kali aja sahabat Vie jadi terinspirasi dengan baca ceritaku tentang beliau. Yuk kita mulai tingkatkan kekepoannya hahaha. Kenapa aku menyebutnya sebagai guru pembelajar, coba cek sendriri aktiitas dan prestasinya. 

Bertemu Guru Pembelajar di Group Coaching Blog 

Pas awal masuk jadi peserta lolos seleksi tahap 1 kelas blog yang diadakan Mbak Marita, aku excited banget karena pengen banget jadi blogger profesional. Tahap pertama, sang coach memasukkan kami dalam group khusus sebagai wadah kami untuk belajar. Saat deretan nama sudah masuk aku mengenali salah satu nama yang bertaut denganku di banyak group. 

Maulina Ismaya Dewi  nama itu rasa-rasanya begitu familiar. Ternyata oh ternyata dia satu group denganku di beberapa komunitas. Sebagai pengurus KGB (Komunitas Guru Belajar ) Sukabumi, FLP (Forum Lingkar Pena) Kota Sukabumi, dan beberpa group kepenulisan lain. Aktif juga ibu guru yang satu ini. Satu hal lagi, ternyata aku sama dia juga pernah bareng dalam antologi bersama. 

Pas awal kelas blog, Bu Maulina ini sempat menghilang dari peredaran hiruk pikuknya keramean WhatsApp group. Dapat kabar dari coach, beliau sedang operasi dan memilih lanjut ikut kelas blog setelah pulih. Gimana, keren kan semangat belajarnya. Tetap menulis walau sakit

Ehh, sekarang dalam tantangan pekan ini, kita diminta coach untuk membuat profil dari satu orang yang sudah kita pilih sebagai patner. Pas, aku terakhir banget listnya. Pas banget bareng Bu Guru ini. Pas buka page about nya wuih keren dong aktivitasnya bikin ngiler. Apa saja sih? 
  • Guru IPS Terpadu salah satu MTs. di Kota Sukabumi
  • Kepala Perpustakaan Sekolah 
  • Pemilik Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Akasia
  • Anggota Komunitas Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kota Sukabumi
  • Anggota Forum Lingkar Pena (FLP) Kota Sukabumi
  • Anggota Komunitas Penulis Kreatif (KPKers) 
  • Pengurus Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi 

Kupas Isi Blog Sang Guru Pembelajar 

Guru Pembelajar


Niche 

Pertama kali lihat blognya yang pertama menari perhatianku adalah pink. Yes, merah muda nuansa blog yang dipakai dengan menekankan tiga kata kunci teach, write and learn. Tuh kan bisa ditebak dia adalah seorang guru. Ingin dikenal sebagai guru maka hal yang pertama dia ungkap pertama kali adalah teach. Selebihnya sahabat Vie bisa simpulkan dong ya fokus dia yaitu menulis dan belajar. 

Alasan Ngeblog

Dari filosofi yang disampaikan, menurutku tujuan  utamanya Ngeblog adalah 
  • Supaya bisa tetap menyalurkan hobi menulisnya
  • Ingin lebih memberi  manfaat buat orang lain
  • Sebagai media belajar baginya untuk anak didik dan anak biologis tentunya

Judul Blog

"Teach, Write & Learn" Judul yang dipilihnya jelas sekali mewakili sosok dari seorang Maia Dewi. Seorang guru yang dekat dengan dunia kepenulisan yang mau terus belajar. Baginya long life education bukan hanya sekedar slogan.

Tag Line 

Memilih kalimat "Kunci Kebermaknaan Hidup" berharap, blog yang dia bangun dapat bermanfaat buat lingkungan sekitanya sesama guru terkhusus untuk dirinya sendiri. Dia berharap dengan memakai tagline itu, bisa menyemangati dirinya sendiri untuk menjalani hidup lebih bermakna.

Meta Deskripsi

Deskripsi blog ini sangat dekat dengan dunia pendidikan. Bu guru ini ingin bercerita tentang aktivitasnya di dunia pendidikan yang menjadi kesehariannya. Semua hal yang berkaitan dengan mengajar, menulis dan belajar membuat blog ini mempunyai ciri khas.

Logo

Logo atau favicon yang dipakainya sangat menarik. Perpaduan nuansa pastel membuat teduh si pengunjung. Berikut point -point makna dari logonya 

Guru pembelajar Maia
  • Laptop dan buku mewakili kegiatan belajar mengajar dan menulis
  • Jam mewakili prinsipnya tentang pentingnya pengaturan waktu
  • Bunga mewakili hal-hal yang berkaitan dengan keindahan di sekitar tentang aktifitasnya yang bermakna

Header

Dari foto di atas tetap bu guru ini menekankan aktifitas TWL-nya teach, Wrtie dan Learn itu ditunjukkan dengan gambar tumpukan buku, alat tulisdan laptop dan itu menjadi ikon dalam ketiga kegiatan tersebut. 

Label

Label yang dipakai pun spesifik terkait tiga hal lagi. Jadi Kak Maia ini merangkum semua pengalaman yang didapatnya ke dalam tiga kategori tulisan. 
  • Teach, berisi segala hal yang berkaitan dengan mengajar, bahan ajar dan pengalaman pembelajaran.
  • Write, berisi segala hal tentang kepenulisan dari mulai komunitas menulis sampai contoh-contoh tulisannya.
  • Learn, segala hal tentang makna belajar di dalam hidupnya

Domain

Saat ini domain yang dipakai masih blogspot. Tapi Kak Maia ini berharap menggunakan domain www.maiadewi.com

Template

Template dari blog ini sangat teduh, rapi dan enak untuk dibaca karena sudah mobile friendly. Dengan background warna kuning pastel, sama sekali tidak menusuk mata. Membuat pembacanya betah.

Alasan Aku Menyebutnya Guru Pembelajar 

Kenapa aku sebegitu yakin menyebutnya guru pembelajar, duh lihat dong ini di bawah ini rangkaian karya yang sudah ditorehkan untuk umat. Selanjtnya aku akan sematkan juga untuk bu guru yang satu ini sangat layak disebut guru penulis juga. Brandingnya sangat kuat, blognya mempunyai karakter yang kuat. Satu kata, keren. 

Jadi wajar dong ya, aku sebut dia sebagai guru pembelajar juga, sekaligus guru penulis. Satu passion kita. Duh senengnya, bisa sharing lebih dalam tentang banyak hal. Walaupun kita tak pernah ketemu, aslinya karena beberapa komunitas yang kita ikuti belum mengadakan acara kumpul bareng terkait pandemi. Gimana, sahabat Vie terinspirasi kan sama profil yang aku ulas. yuk ikuti jejaknya menjadi sosok yang tak kenal lelah untuk belajar sepanjang hayat.  


Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

10 komentar

  1. Masya Allah bertemu dengan orang yang memiliki profesi sama dan sama-sama pembelajar. Memang kakak dua nih guru panutan dan isnpirasi

    BalasHapus
  2. Dunia tak selebar daun kelor berlaku yaa 😀😀

    BalasHapus
  3. guru eh nulis profilnya guru hehe maa syaa Allah seneng aku bacanya kak kayak ada sensasi kesetrum kesetrum semangatnya juga good job kak Vie dan kak Maia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa pas sesama guru dan org Sukabumi

      Hapus
  4. Wah, ternyata banyak gabung di satu komunitas yang sama. Eh sekarang jadi partner nulis :)

    BalasHapus
  5. Hwah baru tau juga kalau teh Maia Dewi itu dari Sukabumi. Alhamdulillah bertambah squad kita :)

    BalasHapus
  6. nama nya Maia seperti tak asing tapi kok orang sukabumi ... mungkin sama saja ... sippp ... ituloh guru gak harus sesuai dengan ilmunya saja tetapi kembangkan diri beljar terus agar bisa memberi makna pada orang lain ... semangat

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email