header Diary Jingga

Pentingnya Attitude Baik, Pendidikan Tinggi Bukan Jaminan

Posting Komentar
Mempunyai attitude baik adalah dasar kita hidup bermasyarakat. Pernah dengar istilah "Bertambah usia pasti. Tapi, dewasa adalah pilihan" Ungkapan itu sejalan pula dengan tindak-tanduk kita dalam hidup bermasyarakat yang dinamakan attitude. Terkadang pendidikan tinggi pun tidak menjamin seseorang mempunyai attitude yang baik.  Adab, tata krama kita dalam menghadapi orang per orang atau lingkungan adalah cerminan diri kita. 

Lalu Apa Sih Pentingnya  Mempunyai Attitude Baik dalam Bersosialisasi? 

Mempunyai attitude yang baik akan membuat kita jadi orang yang menyenangkan, tidak mempunyai musuh, dan sedikit orang yang membenci diri kita. Lebih aman juga dalam bersosialisasi. Hidup menjadi lebih tenang. Lalu apa saja sih hal yang tidak boleh dilakukan agar kita tidak dicap tak punya attitude : 
  • Mengolok-olok teman atau bercanda di luar batas 
Jika kamu suka bercanda, maka hindarilah kata atau kalimat yang sifatnya mengolok-olok teman. Misal memberi panggilan khusus yang negatif buat teman misalnya cungkring, gendut, hitam, atau istilah lain yang tertuju pada fisiknya. Mungkin dia tetap tertawa, tapi menjaga agar tak menyakiti orang lain bukankah itu lebih baik. 
  • Menasehati orang di depan umum 
Terkadang niat baik tak akan berarti jika dilakukan dengan cara yang kurang tepat. Jika kita berniat ingin menasehati seseorang atau memberi tahu tentang kesalahannya dalam melakukan satu hal. Lihat dulu sekeliling, apakah ada orang lain atau tidak. Berlaku juga di dunia Maya loh ya. 

Menasehati atau memberi tahu tentang kesalahan orang lain bisa dilakukan dengan komunikasi secara langsung atau via japri kalau dunia maya. Tidak semua orang memiliki sifat yang terbuka. Adakalanya harga diri seseorang terluka saat kesalahannya dibuka di depan umum. Kecuali ya memang sudah disepakati bersama alurnya. 
  • Menyombongkan diri 
Sifat sombong atau ingin terlihat paling hebat dengan menceritakan berbagai kelebihan kita terkadang membuat orang lain malah tidak respek terhadap kita. Hal yang paling tidak boleh dilakukan lagi adalah merendahkan orang lain, agar supaya kita dipandang lebih oleh orang. 
  • Menganggap diri paling wah 
Hati-hati yang merasa punya kebiasaan show-up. Selalu menganggap diri paling bisa dan ingin terlihat apa yang kita punya. Gelar materi,  dan bagaimana pendidikan nya. 

Lalu apa untungnya kita mempunyai attitude yang baik

  • Lebih disegani orang lain 
Jika kita mempunyai attitude yang baik, maka orang akan segan sama kita. Bukan takut, tapi rasa hormat sepadan dengan bagaimana baiknya kita memperlakukan 
  • Lebih mudah meraih  sukses 
Orang dengan attitude yang baik akan banyak dicari oleh perusahaan. Sehingga kehidupannya pun akan lebih mudah. 
  • Pergaulan, lebih bhmaihanyak teman 
Jadi menjadi sosok yang menyenangkan itu terlihat dari cara kita bergaul. Semakin baik kita memperlakukan orang lain maka kita pun akan diperlakukan hal yang sama oleh orang lain. 

Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email