header Diary Jingga

Seandainya Tesis Semudah Bikin Cerpen

Posting Komentar

 

Beberapa hari ini dihantui rasa bersalah pada diri sendiri. Mengapa terlalu mengambil banyak peluang di saat butuh waktu tenang. Maksudnya begini, kenapa sih aku susah fokus pada skala prioritas. Mudah tergoda oleh hal-hal yang mematik semangat. 


Baik aku ceritakan tentang diriku. Passionku menulis. Segala hal yang berbau menulis aku suka. Komunitas menulis, tantangan menulis dan materi kepenulisan. Waktu masuk kuliah sempat frustasi karena tidak masuk jurusan bahasa malah IPA.  


Sekarang keadaannya aku sedang di jalur IPA lagi tahap dua. Menyiapkan tesis adalah skala prioritasku saat ini. Walau masih semester dua, tapi teman-teman sudah ramai membicarakan judul. Sedang aku si penulis, harusnya senang dong. Skripsi, tesis dan bahkan disertasi bukankah itu menulis. 


Masalahnya passionku di narasi (bercerita). Tahulah tesis itu gimana. Bukan penulisannya yang jadi masalah tapi penelitiannya itu loh. Jadi wajar dong aku semaput. Ya kalau itu tesis bisa diceritakan dalam bentuk narasi hahaha tidak ada kali mahasiswa yang stres. 


Kenyaataanya Tesis itu bukan dongeng sebelum tidur yang bisa diceritakan begitu saja harus ada data dan fakta yang tentunya bersifat empiris. Bingung kan? Tapi ya mau gimana lagi. Saat kita sudah memilih jalan bukankah kita harus melanjutkan dulu biar tahu apa yang menjadi tujuan. Kalau balik lagi darimana kita tahu ujiannya di mana. 


Ya, kembali lagi. Harus dinikmati. Pertanyaan dan kegundahannya adalah, tolong beri tahu aku bagaimana caranya untuk fokus. Tidak mudah tertarik oleh godaan - godaan kesenangan yang pastinya akan menyita waktu juga. 


Sekedar informasi ini ya. Beberapa event challenge yang aku ikuti 

* Tantangan Cerita 30 Hari bersama FLPKotaSukabumi 

*Tantangan menulis di blog 60 hari bersama ODOP 

* Sekarang malah daftar kelas blog selama 3 bulan. 


Sepertinya ini kelas terakhir yang aku ikuti dulu. Cukup tiga tantangan untuk memenuhi hasrat kesenanganku akan menulis. Yang keempat adalah tantangan menyiapkan penyusunan tesis dan penelitian. Januari fokus. 


Semoga diperjalanan  aku tidak mudah tergoda lagi. Tapi aku senang melewatinya. Aku merasa bersemangat berada pada lingkaran para pembelajar. Jadi aku harus gimana dong?

Please kasih masukan ya teman-teman agar aku siap menghadapi berbagai cobaan yang datang hahaha



Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email