header Diary Jingga

Tips Mempersiapkan Pernikahan

Posting Komentar

Gambar : Pixabay

Ketika kita hendak mengawali gerbang rumah tangga. Banyak para gadis fokus mencari pasangan yang baik, tapi lupa mencari calon ayah yang baik. Banyak gadis memantaskan diri menjadi seorang istri tapi tidak menyiapkan mental menjadi seorang ibu. 


Idealnya sebuah perjalanan panjang bernama bahtera rumah tangga, harus disiapkan secara matang. Bukan hanya hal Ikhwal resepsi pernikahan dan tetek bengeknya, itu hanya hiasan awal sebuah bahtera. Sejatinya perjalanan panjangnya lah yang harus disiapkan. 


Berikut hal- hal yang harus disiapkan sebelum kamu merencanakan sebuah perjalanan bernama pernikahan : 

1. Tentukan tujuan dan alasan menikah 

Jangan pernah melakukan suatu yang besar hanya karena teman-teman sudah menikah maka kita harus cepat menikah,tanpa mempertimbangkan sudah siapkah mental kita untuk itu. 

Tujuan menikah yang utama adalah ibadah dan juga menyempurnakan agama, bagi seorang muslim. Maka seperti ibadah lainnya kita harus luruskan niat dan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. 


2. Kenali calon pasangan kita 

Hal ini perlu, dan ingat tidak selalu melalui pacaran. Lama tidaknya pacaran tidak dapat menjamin kita bisa akur dan awet dalam berumah tangga. Kita bisa mencari tahu lewat orang yang bisa dipercaya. 


3. Belajarlah tentang dinamika rumah tangga dari cerita pengalaman orang lain. 

Banyak membaca baik buku ataupun kehidupan orang lain. Ambil hal-hal yang baik, jangan ditiru hal-hal yang tidak baik.


4. Mempersiapkan diri menjadi orangtua 

Belajarlah mengenai tumbuh kembang anak walaupun kita belum menikah. Manakala kita menikah dan langsung dikaruniai anak kita sudah ada persiapan.


Mungkin itu sedikit tips yang bisa dibagi untuk kamu yang sedang merencanakan pernikahan. 


Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email