header Diary Jingga

Rumput Enak Yang Mengandung Sianida

5 komentar
Foto : Pixabay.com
.
Oleh Vie
.
Kita akan bicarakan rumput dengan istilah biologi bukan rumput yang sering diucapkan dalam istilah sehari-hari? Banyak istilah rumput disematkan pada tumbuhan yang  secara morfologi maupun fisiologi adalah bukan jenis rumput. Contoh, rumput laut. Rumput laut adalah jenis tumbuhan laut yang masuk dalam keluarga makro alga atau alga yang berukuran besar.
.
Rumput sendiri dalam istilah biologi adalah kelompok tumbuhan monokotil atau berkeping satu. Ada pun pembagiannya meliputi beberapa suku (famili) diantaranya : - gramineae (suku rumput-rumputan)
- musaceae (suku pisang-pisangan)
- palmae (suku pinang-pinangan)
- zingiberaciceae (suku jahe-jahean)
- orchidaceae (suku anggrek-anggrekan)
.
Baik kita lanjutkan dengan garamineae atau suku rumput-rumputan.
Jenis suku rumput-rumputan adalah tumbuhan dengan ciri khusus daun berbentuk pita panjang, batang beruas-ruas. Banyak sekali jenis rumput yang dikonsumsi. Khususnya di Indonesia, jenis rumput lah yang menjadi makanan pokok sehari-hari. Padi, gandum  dan jagung adalah jenis rumput. Tebu yang dijadikan bahan pokok pembuatan gula juga rumput. Jika padi, gandum dan jagung yang  dimanfaatkan adalah bijinya, untuk tebu berbeda. Tebu menyimpan cadangan makannanya di batang, jadi tebu dimanfaatkan adalah batangnya.
.
Ada lagi jenis rumput yang benar disebut rumput namun jarang dikonsumsi padahal khasiatnya besar. Rumput teki (Cyperus Rotundu) yang dalam bahasa Jawa adalah suket teki. Rumput ini memiliki banyak khasiat salah satunya sebagai obat gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, disentri dan gangguan usus. Caranya adalah dengan memanfaatkan umbinya. Umbi teki ditumpuk halus lalu keringkan. Serbuk teki kemudian diseduh air panas untuk diminum sebagai obat.
.
Satu lagi jenis rumput yang tidak banyak dimanfaatkan manusia. Orang Indonesia dan sebagian negara Asia  mungkin sudah 'familiar' mengkonsumsinya tapi apakah  mereka sadar yang dimakan itu jenis rumput atau bukan. Bambu, ya kita akan membahas bambu yang kaya manfaat. Bambu adalah jenis rumput. Bagian apa dari bambu yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan? Bagian tunasnya.
.
Tunas bambu di sebut rebung, yang oleh orang Indonesia bisa disulap menjadi makanan yang super lezat. Eits, tapi harus hati-hati memilih dan mengolah rebung. Bukan manfaat yang diperoleh tapi malah mudarat. Pernah dengar racun sianida? Nah, dalam rebung mengandung zat yang dinamakan asam sianida tidak berwarna dan terdapat pada getah rebung. Ini yang menyebabkan rebung pahit dan berbahaya Dengan demikian, untuk mendapatkan rebung yang nikmat harus tahu cara menghilangkan racun sianidanya dulu. Walaupun tidak hilang seratus persen, sianida dalam rebung bisa diturunkan kadarnya. Caranya mengiris tipis rebung dan mencucinya berkali-kali untuk membuang getah yang mengandung sianida ini lalu merebusnya dengan air mendidih dan tambahkan garam. Semakin tipis semakin bersih, bila perlu lakukan dua atau tiga kali mendidihkan sebelum kita mengolah menjadi santapan yang lezat.
.
#RWCODOP2020
#OneDayOnePost
#RWCDay25
#Ramadhan2020

Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

5 komentar

  1. Aku dulu kuliah di pendidikan biologi. Baca ini jadi auto keinget bangsa bangsaan. Btw aku baru tahu kalo rebung mengandung sianida. Pantesan ya mba ada yg bilang mabuk rebung gitu. Wah keren. Terimakasih sharingnya mbaaa

    BalasHapus
  2. Ternyata bambu mengandung sianida ya. Bahaya dong. Padahal akubsuka banget sayur rebungnya. Thx sharingnya ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal diolahnya benar gak akan kenapa-kenapa kak 😃 sianidanya dalam getahnya jadi masih bisa dihilangkan

      Hapus
  3. Sama ka, aku juga guru IPA. Pendidikan Tahubiologi juga. Sama kita 😍. Rebung itu harus diolah tapi baru baca juga kandungan getahnya ternyata mengandung asam sianida. Hasil dari tantangan rwc kita jadi buka memori lagi dan lebih banyak buka literasi lain

    BalasHapus
  4. Makasih nih sudah dikunjungi bloger-bloger keren 😍😍

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email