header Diary Jingga

The Big Why Blog

Posting Komentar

Aku mulai mengenal blog dan menemukan the big why blog setahun yang lalu, saat mengikuti salah satu challange komunitas ODOP (one day one post) yaitu ramadhan write challange yang mengharuskan menulis tanpa putus selama 30 hari. Mulai menggunakan blog dan belajar menulis di sana, aku merasakan banyak keuntungan dengan melakukan blogging. 

The-big-why-blog


Beberapa bulan kemudian pengetahuan dan konsistensi dalam menulis di blog mulai terasah dan terarah setelah mengikuti kelas blogspedia yang digagas oleh mbak Marita dari belajar di kelas itu, aku mulai paham bagaimana menjalankan sebuah blog. 

THE BIG WHY BLOG 

Kenapa harus blog, bukan yang lain? beberapa akan aku jelaskan kenapa atau apa maksud the big why blog versi aku. Mengapa aku nyaman dengan menulis di blog dibanding platform lain. Sebenarnya itu masalah selera sih. Dikembalikan lagi untuk masing-masing. Di bawah ini alasan aku lebih memilih menulis di blog.


· BEBAS BEREKSPRESI

Di blog aku bisa menulis panjang kali lebar kali tinggi hahaha. Bebas mau pakai foto, video atau tidak sama sekali ya suka-suka kita. Tapi aku jadi lebih aware terhadap tampilan tulisanku di blog, maka aku akan sisipkan gambar atau foto koleksi pribadi.  


· PENYIMPANAN BERKAS RAPI

Rasanya senang saja melihat tanggal berjejer rapi dari tulisan kita. Ada laporan berapa kali kita menulis dalam waktu satu pekan atau bulanan bahkan tahunan, itu membuat aku jadi bisa menilai produktifitas dalam berkarya.


· MEMANTAU SEBERAPA VIRAL TULISAN

Sedikit lebay tapi ya bisa dibilang begitu. Dengan menggunakan blog aku jadi tahu mana tulisan yang banyak dikunjungi mana yang sepi cuma suara jangkrik aja hahaha. Dari sana kemudian terus belajar bagaimana menyiasati tulisan kita supaya bisa masuk dalam page one google. 


· REFRESHING

Aku merasa butuh tempat untuk refreshing atau me-time dan menulis di blog membuat kesehatan mentalku terjaga. Dengan menulis aku bisa menjadi siapa saja dalam berbagai sudut pandang. Terlebih bisa juga curhat mengenai hal-hal yang terjadi sehari-hari yang mungkin bisa bermanfaat bagi orang lain.


· RUANG BACA SISWA

Satu hal yang terpenting adalah, kenapa aku menggunakan blog. Aku seorang guru, pada masa pandemi seperti, merasa sangat terbantu dengan kehadiran blog karena bisa menyediakan ruang baca bagi siswa mengenai materi yang kami pelajari bersama. Keuntungannya, siswa tak perlu install aplikasi untuk bisa mengaksesnya.

Pada akhirnya ketika blog ini sudah dibangun, maka mau tidak mau kita harus menyiapkan isinya. Apa bentuknya? Ya, berupa tulisan. Lalu, satu hal yang tak kalah penting adalah menjaga semangat menulis dan mengisi konten yang harus diperhatikan. Sekaligus, ini sebagai pengingat diri juga untuk aku yang kadang naik-turun dalam mengisi blog ini.  

Nah, itu tadi artikel yang aku tulis tentang the big why blog atau kenapa aku menulis di blog. Ke depannya semoga aku bisa menjaga konsistensi menulisku di blog. Menjadi pribadi yang lebih berguna bagi orang lain.  




Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email