header Diary Jingga

Contoh BAB I Penelitian

Posting Komentar


BAB I 

PENDAHULUAN




Latar Belakang Masalah

Awal Maret 2020 menjadi momentum yang membuat seluruh tatanan kehidupan masyarakat mengalami perubahan yang signifikan. Ekonomi, pariwisata dan tentunya bidang pendidikan pun tak luput dari dampak pandemi covid-19 yang menyerang Indonesia pada bulan Maret 2020. Diawali dengan dua kasus warga negara yang terkonfirmasi positif covid-19 yang berasal dari warga negara Jepang yang berkunjung ke Indonesia, selanjutnya kasus demi kasus pun berkembang. 

Saat perkembangan kasus covid-19 bertambah dari hari ke hari, masing-masing Kepala Daerah memutuskan untuk menutup sekolah selama 14 hari. Beberapa daerah yang memutuskan untuk menutup sekolah selam 14 hari antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera Utara, Aceh, Jambi, NTB, Jawa Timur, dan beberapa daerah lainnya. 

Selama empat belas hari atau dua minggu, pembelajaran dialihkan dengan tetap belajar dari rumah dengan sistem daring. Pembelajaran jarak jauh ini, menjadi hal yang kemudian menjadi fokus penelitian di dunia pendidikan. Kebijakan yang sifatnya mendadak ini membuat guru berpikir keras bagaimana pembelajaran tetap berjalan meski tanpa kegiatan tatap muka secara langsung. 

Pendidikan bersifat dinamis, pendidikan itu harus disiapkan untuk memenuhi segala bentuk perkembangan zaman. Lalu apa yang bisa dilakukan oleh guru dalam menghadapi permasalahan pada pembelajaran jarak jauh. Karena sampai saat ini, pemerintah belum mengizinkan sepenuhnya siswa untuk belajar seperti biasa di sekolah. Baik itu tingkat pendidikan usia dini sampai pada perguruan tinggi. 

Perkembangan yang terjadi sampai saat penelitian ini akan dilaksanakan, sekolah masih menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau belajar di rumah. Walaupun beberapa sekolah melakukan kegiatan tatap muka secara terbatas, tetap saja pola pembelajaran tidak maksimal. Terkait hal ini, peneliti mencoba mengambil dua aspek penting dalam proses belajar yaitu mengukur hasil belajar dan motivasi belajar siswa selama melakulan pembelajaran jarak jauh. 

Hal yang menjadi fokus penelitian adalah metode yang digunakan dalam dalam pembelajaran jarak jauh tersebut. Pembelajaran jarak jauh memerlukan metode dan media sebagai sarana penunjang agar kegiatan pembelajaran jarak jauh tetap bisa dilaksanakan. Memang, pembelajaran jarak jauh itu tidak harus daring. Bisa saja guru berkunjung dari rumah satu ke rumah siswa yang lainnya. Tapi ini menjadi kurang efektif dan sangat membutuhkan waktu dan energi yang cukup banyak. 

Penggunaan teknologi digital khususnya edmodo sebagai media pembelajaran jarak jauh (PJJ), sudah diujicobakan pada kegiatan PJJ di SMAN I Cisaat. Peneliti mencoba menggunakan pendekatan mix atau campuran antara kuantitatif dan kualitatif, untuk menghitung pengaruh penggunaan media pembelajaran digital edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dengan metode korelasi berganda. 

Selain itu, penelitian ini juga nantinya dikembangkan apakah media pembelajaran ini cukup efektif dalam menangani berbagai masalah yang muncul dalam proses belajar mengajar jarak jauh.




Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang sudah disampaikan, identifikasi masalah pada penelitian ini difokuskan pada pengembangan tingkat motivasi dan hasil belajar siswa dikaitkan dengan media pembelajaran yang digunakan yaitu edmodo, pada proses pembelajaran jarak jauh di SMAN I Cisaat pada pelajaran Fisika. Faktor- faktor yang mempengaruhi variabel terikat dan juga dua variabel bebas yang diteliti adalah :

Tingkat motivasi belajar siswa semenjak diberlakukan pemebelajaran jarak jauh menurun. Ditunjukkan dengan kuantitas absensi kehadiran siswa yang rendah. 

Jumlah siswa yang hanya sedikit dalam pengumpulan tugas dibandingkan dengan jumlah yang hadir. 

Hasil Belajar yang siswa yang rendah dilihat dari nilai harian dan penugasan. 

Media pembelajaran yang digunakan belum mempengaruhi hasil belajar siswa. 










Pembatasan Masalah

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan umum meningkatkan hasil belajar siswa. Supaya penelitian ini memiliki fokus yang jelas dan hasil yang signifikan, maka perlu adanya pembatasan masalah yang diangkat dalam penelitian ini. Hanya variabel tertentu saja yang menjadi fokus penelitian dan pengembangan yaitu : 

Variabel Terikat (Dependen) 

Pada penelitian ini, variabel terikat yang akan ditinjau adalah hasil belajar siswa. Hasil belajar ini nanti yang dipengaruhi oleh variabel-variabel lain dalam proses pembelajaran jarak jauh. Variabel terikat ini selanjutnya disebut dengan variabel Y yaitu hasil belajar siswa. 

Varibel Bebas (Independen) 

Pada penelitian ini variabel yang bebas (independen) yaitu variabel yang mempengaruhi hasil belajar siswa (variabel Y) diantaranya motivasi siswa (X1) dan media pembelajaran yang diterapkan yaitu edmodo (X2). Nantinya kedua variabel ini apakah mempengaruhi hasil belajar siswa. 

Tempat penelitian adalah SMAN I Cisaat Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI (Sebelas) jurusan IPA

Waktu penelitian adalah semester genap tahun pelajaran 2020-2021 yang dimulai bulan Januari 2021.







Rumusan Masalah

Sebagai acuan dalam proses penelitian dan pengembangan ini, dapat diuraikan dalam rumusan masalah sebagai berikut :

Bagaimana pengaruh media pembelajaran edmodo terhadap peningkatan motivasi siswa 

Bagaimana pengaruh media pembelajaran edmodo terhadap hasil belajar siswa

Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa 

Bagaimana pengembangan media pembelajaran edmodo bisa mempengaruhi tingkat motivasi dan hasil belajar siswa secara bersama-sama.




Tujuan Penelitian 

Berdasarkan pada permasalahan yang dihadapi tersebut, maka dapat diuraikan tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 

Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran edmodo terhadap hasil belajar siswa

Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran edmodo terhadap motivasi siswa

Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa

Untuk mengetahui pengaruh bersama motivasi belajar siswa dan media pembelajaran yang digunakan yaitu edmodo terhadap hasil belajar siswa




Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat digunakan untuk berbagai kepentingan antara lain : 

Sebagai bahan pustaka untuk pengembangan penelitian lain

Sebagai bahan kajian telaah di instansi terkait dalam program evaluasi pembelajaran jarak jauh.

Sebagai bahan pertimbangan bagi instansi atau sekolah lain dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.




Sistematika Penulisan

Hasil penelitian ini tentunya harus dikomunikasikan dalam bentuk lisan dan tulisan. Adapun untuk sistematika penulisan hasil penelitian ini disajikan sebagai berikut : 

JUDUL

ABSTRAK

RINGKASAN

LEMBAR PERSETUJUAN TESIS

LEMBAR PERNYATAAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL

DAFTAR BAGAN

DAFTAR DIAGRAM

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Identifikasi Masalah

Pembatasan Masalah

Rumusan Masalah

Tujuan Penelitian 

Manfaat Penelitian

BAB II KAJIAN TEORITIK

Landasan Teori

Hasil Belajar

Motivasi Belajar

Model Pembelajaran Edmodo

Penelitian yang Relevan 

Hipotesis dan Kerangka Teoritik Penelitian

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

Tempat dan Waktu Penelitian 

Metode Penelitian 

Metode Pengumpulan Data

Populasi dan Sampel Penelitian 

Operasi Variabel Penelitian

Teknik Analisis Data

Hipotesis Statistik

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 

Deskripsi Data Awal Proses Pembelajaran

Deskripsi Tindakan Penerapan Model 

Uji Prasyarat Analisis

Hasil Analisis Statistik

Pengujian Hipotesis 

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan 

Saran 

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

LAMPIRAN
Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email