header Diary Jingga

Sabar dan Teliti, Kunci Pasang Domain Baru

5 komentar
Pasang-domain-baru,-siapa-takut?



Pasang domain baru sendiri ternyata membutuhkan waktu, energi dan konsentrasi yang cukup. Sabar dan teliti menjadi kunci keberhasilan dalam memasang domain sendiri. Namun, saat terpasang akan ada kepuasan sendiri ketika sudah berhasil dan itu hasil jerih payah sendiri.


Aku sendiri sepertinya jika tanpa arahan mungkin tak akan terealisasi blog impiannya. Hampir saja menyerah dan berniat menggunakan jasa pemasangan domain. Tapi setelah dipikir lagi, jika menyerah maka tak ada pengamalan dan ilmu yang aku dapatkan. Akhirnya tarik nafas lalu mulai lagi mencoba, gagal, lalu mencoba lagi sampai berhasil.


Mungkin teman-teman sesama peserta kelas blog Mbak Marita tidak ada yang serunyam aku dalam memasang TLD (Top Level Domain). Beruntung coachnya sabar banget. Mbak Marita telaten dan sabar dalam memberi arahan, aku sampai sungkan menghubungi terus. Malu, padahal arahan artikel cara memasang TLD sudah detail dijabarkan. Tetap saja kuncinya adalah sabar dan teliti.


Tips Pasang Domain Baru Ala Vie

Beli domain

Akses-rumah-web


Pembelian domain bisa dilakukan di beberapa gerai daring yang menyediakan layanan pembelian domain, hosting dan lain lain. Ada beberapa penyedia layanan yang bisa diakses. Sejauh ini aku hanya tahu beberapa sih. Karena jujur aku baru nyemplung ke dunia weblog ini belum lama.


Awal perkenalanku dengan Rumahweb salah satu penyedia layanan pembelian domain adalah ketika acara marathon coaching blog dan aku mendapatkan doorprize berupa layanan domain my.id selama satu tahun.


Setelah mendapatkan beberapa arahan dari coach Marita dan sharing dengan teman-teman sekelas blogspedia, aku putuskan untuk viemenulis menggunakan domain com yang lebih familiar dengan harapan mudah diingat dan lebih luas dan mudah jangkaunnya.

Siapkan Waktu Khusus

Pertama-tama siapkan waktu khusus untuk duduk dengan nyaman saat mengakses pranala yang diarahkan email yang kita terima setelah pembelian domain. Karena memerlukan beberapa tahapan dan pengisian yang membutuhkan waktu rileks tidak terburu-buru.

Baca Petunjuk

Ada baiknya mencari artikel yang memaparkan tahapan demi tahapan proses pemasangan TLD, jika perlu cari juga video tutorialnya. Aku sendiri mengikuti petunjuk cara memasang TLD dari artikel blognya Mbak Marita coachku di kelas blogspedia.

Blog dulu, Domain Kemudian

Sebentar, sahabat Vie beli domain? sudah punya blog belum? Ya, kali belum hehehe. Jadi sebelum beli domain sudah harus ada nama blog yang sudah kita siapkan untuk dirubah dari blogspot atau wordpress gitu. Blognya harus punya dulu. Misal nih aku tadinya blog awalku viemenulis.blogspot.com yang free gitu hehehe lalu aku beli domain dialihkan menjadi viemenulis.com cakep kan?


Cara Memasang Top Level Domain (TLD) sendiri


Nah, sesi ini yang paling menyenangkan sekaligus membingungkan jika tak konsentrasi. Ingat konsentrasi dan teliti. Jadi sabar aja ga cukup kalau menurut aku, teliti itu penting. Aku salah ketik satu huruf saja udah deh mandeg recordnya. Jadi ya, sahabat Vie. Baca saja petunjuknya itu yakin ga akan langsung mengerti. Harus sambil praktek. Terus, ikutin deh tahap demi tahap prosesnya.


Sahabat Vie bisa klik eksternal link mengenai cara memasang TLD atau domain yang sudah tadi diulas sebelumnya. Ikuti deh tahapannya. Jangan ngeyel dan jangan aneh-aneh gonta-ganti, bisa fatal akibatnya. Aku mengalaminya.

Berikut tahapan proses pemasangan TLD di Rumaweb ala Vie

Cara-login-rumahweb


- Masuk atau klik Rumahweb.com. Lalu lanjutkan login bagi yang sudah mendaftar sebelumnya akan langsung ada kotak dialog yang harus diisi alamat email dan pasword (jika menggunakan akun google). Namun bagi yang baru bisa mendaftarkan diri dulu. Registrasi bisa menggunakan akun google, facebook untuk memudahkan. 

- Klik Domain

- Klik My domain

- Klik Domain pilihan

- Klik Manage

- Buka blog kita

- Klik setelan

- Klik Domain custom (Isi dengan domain baru) 

- Salin pranala yang muncul di error box

- Isikan ke record DNS

- Kembali ke pengaturan blog

- Jangan lupa simpan. Tunggu sekitar 15 menit. Coba lihat blog. Kalau belum bisa cek ulang record DNS siapa tahu ada salah ketik

Kunci Utama Sabar dan Teliti

Tips-ala-coach


Pengalaman pertamaku dalam memasang TLD adalah munculnya hambatan yang aku alami secara pribadi.

Waktu

Saat menerima tugas pemasangan TLD ini memang manajemen waktuku cukup semrawut. Metabolisme tubuh bermasalah. Badan kurang vit.

Konsentrasi

Dengan kondisi tubuh yang kurang sehat, ditambah beberapa tugas secara bersamaan membuat aku sedikit stress. Membuat aku mundur, tarik nafas lalu tidur untuk mengembalikan konsentrasi dan motivasi. Akhirnya bisa. 

Tantangan dalam pemasangan TLD

Ada beberapa tahapan yang ke semuanya harus cermat diikuti

- Sinyal harus stabil
- Waktu yang fokus, tidak sambil mengerjakan kegiatan lain

Perasaan saat Lihat Hasilnya

Ini hari terakhir, dan aku masih terseok-seok mengejar pemasangan TLD. Sudah kebayang kan perasaannya. Merasa tidak percaya sih, akhirnya bisa terpasang. Tadinya sudah akan menyerah di saat-saat terakhir. Namun, sisi lain dalam diriku menginginkan aku menyelesaikan ini sampai finish.

Harapan ke depan

Karena perjuangannya yang tidak mudah dalam memasang TLD. Aku punya harapan pada diriku sendiri untuk memanfaatkan blog ini dengan sebaik-baiknya. Seperti kata Coach Marita. Tulisan akan selalu menemukan jodohnya. Kita sudah ikhtiarkan usaha dengan memasang top level domain  dan juga setiap artikel menyesuaikan dengan SEO parameter. Sisanya biar takdir yang bicara mau dibawa kemana tulisan kita.

Demikian pengalamanku pekan ini, semoga ada manfaatnya ya buat sahabat Vie. Bagi sahabat Vie yang berniat untuk pasang domain. Jangan mudah menyerah dulu lalu menyerahkan urusannya ke pihak lain lalu membayar. Coba nikmati sensasi pengalaman mendapatkan TLD baru. Aku yakin sahabat Vie juga akan terkesan dengan pengalaman yang satu ini.





Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

5 komentar

  1. Yang lenting berhasil mengatasi tantangan ya mbak... Mantap...

    BalasHapus
  2. Hehe semoga terus berkembang dengan domain barunya mbak :)

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah ala kulli hal, akhirnya setelah perjalanan panjang, TLD nya terpasang juga. Tahniah teh

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email