header Diary Jingga

Mendongkrak Page View

Posting Komentar

 

Pentingnya Page View Bagi Blogger

Dua hari lalu aku mengikuti Webinar Marathon Coaching Growthing, salah satu materinya bagaimana car mendongkrak page view.  Event ini  diadakan dari tanggal 25-26 Oktober 2020. Materi hari pertama adalah tentang pentingnya meningkatkan page view bagi blogger. Materinya akan yang disampaikan Kak Rini, daging semua. By the way gini-gini juga aku blogger lho hahaha (baca : calon blogger profesional). Yap betul walau masih calon profesional nyatanya aku sedang bertumbuh menekuni segala hal tentang blog, termasuk page view.

Apa sih itu page view?

Menurut Kak Rini Novita Sari yang menjadi pemateri pertama tentang tips meningkatkan traffic/page view blog

“page view adalah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog”

Sederhananya seberapa banyak sih jumlah orang yang bisa melihat tulisan kita, gitu loh. Lah emang bisa dibaca? Yoo bisa, aku aja baru tahu baru-baru hehehe. Satu hal lagi yang tak kalah penting, saru visitor atau pengunjung blog kita bisa saja membuka lebih dari satu halaman di blog. Dengan melihat page view kita bisa tahu apakah tulisan kita itu mudah dicari google atau tidak. Bahasan ini nanti aku bahas setelah ini ya. Kita bahas dulu satu-satu. Dari mulai masalah yang banyak ditemui blogger baru sampai tips menaikkan page view.

Seberapa penting meningkatkan page view


- Jika page view kita tinggi, banyak yang berkunjung maka akan memudahkan google adsense melacak, lalu selanjutnya iklan terpasang. Apa yang didapat? Tentunya pundi-pundi rupiah bahkan mungkin dollar hahaha. Iya lah karena pengunjung kita tidak dari Indonesia saja tapi bisa jadi dari berbagai negara.

- Jika page view kita tinggi, tentu orang akan berpikir bahwa blog dan konten-konten kita isinya berkualitas. Sehingga tawaran kerjasama pun akan berdatangan, yang artinya rate card (harga) kita dalam arti blog menjadi tinggi.

Sumber traffic atau page view


Menurut Kak Rini, ada empat sumber traffic blog yaitu

- Organic search

- Direct

- Sosial

- Referal

Keempat istilah itu diambil berdasarkan dari mana sumber pencarian pengunjung ke blog kita apakah secara langsung mencari di web broser, atau melalui media sosial, share teman atau melalui aktivitas blog walking, ehh itu mah aku pv nya tinggi kalau masuk list bw wajib hahaha.

Bagaimana Tips Meningkatkan Page View


- Atur keyword atau kata kunci artikel

Salah satu caranya dengan menggunakan google keyword planner. Sumpah aku belum ngerti apalagi nyoba. Ampuni aku yang cupu ini. Segini aku ga terlalu bloon saat ikut kelas marathon karena dibekali ilmu dasar blog di kelas Mbak Marita. Atau nih yaa, kalau teman-teman mau cek saja blospedia.



- Artikel kamu harus mengikuti parameter SEO dan Manusiawi

Kalau aku pikir SEO itu apa awalnya, dikira nama opa opa Korea dalam drama korea hahaha, nyatanya bukan deh. Ada sebelas parameter atau indikator kalau tulisan kita SEO friendly (mudah ditelusuri)

1. Pemilihan bahasa

2. Gunakan kata kunci yang jelas

3. Nah judulnya haru ada kata kunci

4. Panjang URL harus diperhatikan tidak bolrh lebih dari 75 karakter kata coach ku

5. Jumlah kata dalam artikel juga penting. Semakin banyak semakin kita menang dengan artikel saingan yang membahas tema yang sama

6. Penempatan kata kunci pada judul, sub judul juga paragraf awal dan akhir

7. Banyaknya jumlah kata pada keyword atau kata kunci juga harus diperhatikan

8. Teliti judul dan perintilannya, maksudnya sub judul dan bagian-bagiannya

9. Masukkan juga info tentang internal link yang akan merujuk pada artikel lain kita di blog atau eksternal link sebagai referensi tulisan kita.

10. Gambar juga tak kalah penting. Harus dimaksimalkan dan diperhatikan ukuran dan kejernihannya

11. Bagian yang tak kalah penting adalah meta deskripsi atau deskripsi penelusuran

Kesemua parameter itu tersedia di blog kita asal mau otak-atik sedikitlah. Tapi seperti minum obat usahaka sesuai anjuran dokter hahaha. Begitu juga belajar blog baiknya ada coach atau pelatih yang mengarahkan.

Hahaha manusiawi kayak apa aja. Itu istilah aku aja sihh. Maksudnya ya bikin artikel itu yang banyak dicari oleh orang-orang gitu loh, Kekinian, dan gak gampang basi juga (ehh itu tips buat buku deh hahaha). Tapi miriplah ya, kan emang tulisan kita mau dibaca manusia bukan alien atau robot. Makanya nulisnya pakai hati gitu loh, kayak aku hahaha.



- Link Building

Bangunlah komunitas sesama blogger yang memungkinkan kita semakin kuat dalam aktiitas blogging.



- Buatlah artikel yang sedang hangat diisukan atau sedang viral

- Lalukan blog walking antar sesama komunitas blogger

- Nah kecepatan membuka halaman web log kita harus optimal, caranya perhatikan ukuran foto dan video dalam segi ukurannya

- Yang utama adalah desain blog yang kece badai hahaha. Yang memudahkan pembaca mengarah ke arah apa pun yang dia suka karena navigasi atau pencariannya mudah.

- Selanjutnya teliti Google consule dan google analytis. Itu aku ga bisa bicara banyak sih, belum ngerti soalnya belum masuk ke sana di kelas Mbak Marita.

Terakhir Kak Rini juga berbagi bonus selain page view juga tentang apa sih indikator untuk blog kita biar dilirik klien :

1. DA & DR

2. PV dan UV

3. Interaksi blog

4. Isi tulisan dan gaya bahasa penulis

5. Info grafis

6. Terhubung dengan sosial media

7. Yang terakhir kesesuaian antara isi blog kita dengan produk klien. Ini jelas, karena namanya iklan yang harus lihat potensi pasar produknya, nah itu dimiliki gak sama blog kita.

Itu tadi ulasan tentang pentingnya page view bagi blogger hasil aku belajar di kelas marathon yang disampaikan oleh Kak Rini. Sebenarnya masih ada satu kelas lagi di hari yang sama yang disampaikan oleh kang Irwin. Tapi aku belum terlalu ngerti istilah-istilahnya masih dicerna oleh otakku. Nanti deh yaa kalau aku ngerti dijelaskan. Bukankah kalau aku ngajar IPA ke kelas harus paham materi yang akan di sampaikan. Nanti kalau gak ngerti malah plonga-plogo hahaha.


Page view

Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email