header Diary Jingga

PERSONAL BRANDING

1 komentar
 Oleh : Vie 

Saya adalah seorang penulis. Itu label yang ingin saya kenalkan pada oranglain. Lalu untuk supaya orang lain mengetahui kita sebagai penulis, apa yang harus kita lakukan? Personal branding. Ya, itu istilahnya. Personal branding adalah sebuah upaya untuk melabeli diri kita pribadi. Sederhananya begini, kita mau dikenal sebagai apa sih di mata oranglain. 


Jika saya sebut nama Mario Teguh misal, apa yang terlintas di pikiran kita. Moivator, ya kan? Lain halnya jika kita menyebut Asma Nadia, Melly Goeslaw, dan Raditya Dika. Maka setiap kita menyebut nama, maka kita akan ingat satu kata atau satu identitas yang melekat pada namanya. Itu adalah personal branding.


Lalu apakah kita bisa membranding diri kita sendiri? Tentu jawabannya adalah bisa. Apalagi di zaman yang serba digital sekarang ini. Hal itu jadi lebih mudah kita lakukan. Dulu, seseorang dikenal sebagai penulis itu dari buku yang dia buat. Walaupun memang sebagai penulis, kita hanya dikenal melalui tulisan bukan wajah. Saya contohnya, begitu menyukai novel-novel Mira W. Di era tahun 2000-an saya salah satu penggemarnya. Tapi sampai saat ini, belum kenal wajahnya.


Lain dulu lain sekarang. Penulis masa kini sangat mudah mengenalkan diri lewat media sosial ataupun laman-laman blog atau website pribadi. Siapa yang tak kenal Asma Nadia. Wajahnya beberapa kali tampil saat wawancara pemutaran film perdana yang diangkat dari novelnya. Belum lagi di beranda media sosial pun kita mudah menemukannya.

Lalu apa kita bisa seperti mereka? Ya bisa dong, kan sama-sama makan nasi. Jadi hal apa yang kita siapkan untuk personal branding : 
1. Jika kamu seorang penulis, maka mulailah penuhi halaman-halaman media sosialmu dengan tulisan. Jika ingin hal lain juga bisa lakukan hal yang sama dengan konten berbeda. 
2. Seringlah mempromosikan karya- karya kita.
3. Carilah ciri khas dari konten kita. Misal jika kita penulis, konten tulisan kita apa? Bisa spesialis menulis resep masakan, penulis cerita anak atau penulis kisah inspiratif. 

Jadi, bagaimana? Mudah bukan membangun personal branding. 
Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar

Follow by Email