header Diary Jingga

Kidung Cinta Buat Pak Guru

Posting Komentar

Kidung Cinta Buat Pak Guru adalah novel karya Mira W yang diterbitkan tahun 1990. Aku mau mengulas novel jadul (Jaman dulu) yang baru selesai ku baca. Membacanya membuatku bernostalgia pada hobi baca pada novel-novel karya Mira W. Jika dilihat tahun terbinya, itu sama dengan waktu aku masuk SD. Jadi membacanya membawa ingatan tersendiri pada zaman di mana belum ada gawai, bahkan tekhnologi komputer pun belum aku kenal saat itu. Yang aku tahu hanya mesin tik. 

Kidung-cinta-buat-pak-guru


Baiklah sahabat Vie kita mulai dari identitas buku ini 

Judul : Kidung Cinta Buat Pak Guru 

Penulis :Mira W 

Penerbit : PT. Gramedia Jakarta 

Tahun Terbit : 1990 

Tebal : 287 Halaman 

Unsur Ekstrinsik 


Ketika aku membaca judul novel ini. Jiwa penasaranku menggebu-gebu. Aku penasaran bagaimana sih seorang murid bisa mencintai gurunya. Itu hal yang terpikir pertama kali. Lalu mungkinkah sebuah kisah terjalin antara guru dan siswa selain kisah belajar dan mengajar. Tabu rasanya untuk dibicarakan. Pun ketika zaman sudah berubah kini ada berita viral seorang guru yang menikahi muridnya di SMP dulu. Dia menunggu sekitar sepuluh tahun sebelum resmi menukahi siswanya. Hal itu yang kemudian membuatku penasatan akan kisah fiksi ini. 

Walaupun fiksi seorang Mira W tak pernah main-main dengan latar, tokoh dan ilmu yang dia terapkan dalam setiap karyanya. Itu yang aku ingat dari penulis legendaris di masa aku. Dia selalu mampu membawa pembaca pada petualangannya yang nyata. Istilah-istilah kedokteran yang dia sisipkan dalam karyanya membuat setiap kejadian yang dihadirkan menjadi menarik dan kita semakin penasaran membuka lembar demi lembar kisah lanjutannya 

Unsur Intrinsik 


· Penokohan 

Tokoh dalam novel ini mempunyai karakter yang kuat 

- Bugi : Seorang gadis SMP yatim piatu, hidup sebatang kara yang kemudian diadopsi oleh sebuah keluarga yang jauh dari ekspektasi. Seorang ayah angkat yang baik namun sibuk. Ibu yang galak, disiplin penuh hukuman. Sikap pemberani dan tukang berkelahi, tangguh dan mirip laki-laki, jauh dari harapan ibu angkatnya yang berharap dia bisa menggantikan anak gadisnya yang telah meninggal. 

- Pak Zein : Seorang guru muda yang cerdas, tampan dan ramah disukai siswa-siswinya lantaran cara mendidiknya yang luwes dan bijaksana. Perhatiannya terhadap siswa-siswinya yang tulus terutama pada murid kesayangannya Bugi. 

- Bu Narsih : Seorang ibu yang tegas, galak dan disiplin. Tidak menyukai Bugi. Sosok sentral di rumah. Perkataannya adalah aturan. Hukumannya paling ditakuti oleh ketiga anak lelakinya. 



· Latar 


Latar dalam novel ini dominan sekolah. Novel ini memang bercerita tentang lika-liku kehidupan siswa SMP dengan pigur walikelas yang sangat peduli kepada siswanya. 
 

· Konflik 


Mungkin saat membaca judulnya kita akan berpikir tentang hubungan tabu siswa dan guru. Dalam konflik ini tercipta bagaimana Bugi bisa berubah menjadi seorang wanita pada umumnya karena arahan dan perhatian Pak Zein. Sayang sekali, Bugi mengartikan perhatian Pak Zein lain sampai dia sangat bergantung pada gurunya itu. 


Sinopsis Kidung Cinta Buat Pak Guru 


Bugi adalah seorang anak yatim piatu. Ditinggalkan ayah yang sering bekerja sampai larut malam, bugi kecil menjadi sosok pemberani dalam melindungi ibu dan adik-adiknya. Pun saat ayahnya kemudian meninggal. Awalnya dia telah kehilangan ayah karena waktu, setelah meninggal dia kehilangan ayah sepenuhnya. 

review-kidung-cinta



Kesedihan belum sampai di sana ibunya menyusul dengan Adik-adiknya karena wabah kolera. Bugi kecil hidup tak terurus sampai Pak Dadang mengangkatnya menjadi seorang anak dengan nama Lesmana disematkan di belakang namanya. Dia mengira hidupnya akan lebih baik dengan keluarga barunya. 

Sosok ibu yang dia harapkan ada di Bu Narsih, sama sekali tidak ada. Jangankan kasih sayang, menatapnya pun Bu Nensi jijik padanya. Sedang Pak Dadang terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan menyerahkan urusan anak-anaknya ke istrinya. 

Sampai suatu kejadian merubah semuanya. Dapatkah Bugi merasakan lagi kasih sayang Pak Zein atau dia mendapatkan dari oranglain. Mungkinkah Bu Narsih berubah menyayanginya. Semua dikemas dengan sangat apik lewat konflik yang membuat kita belajar banyak hal. 

Pesan Moral 

Novel  ini banyak mengajarkan tentang cinta sebenarnya. Tentang bagaimana saling mengasihi antar manusia. Tentang bagaimana mendidik anak dan membersamai setiap proses pendewasaannya.

Reviewer


Membaca novel ini menyadarkan kita bahwa kesalahan dalam mendidik anak, memberi hukuman semena-mena dapat membuat anak salah langkah bahkan terjerumus pada pergaulan yang menyesatkan. 



Ayo, buruan deh baca kisahnya. Buku novel berjudul kidung cinta untuk pak guru ini bisa kamu dapatkan melalui aplikasi Gramedia online atau google book. Atau lebih tertarik menciumi wangi buku baru maka datanglah ke Gramedia terdekat. Sekian ulasan yang bisa aku ambil dari novel ini semoga ada manfaatnya. 

Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email