header Diary Jingga

Menikmati Bubur Ayam di Cafe Sukabumi

4 komentar

Malam Minggu nih, ngafe yuk. Di cafe Bubur Ayam Sukabumi (BAS) atau lebih dikenal cafe Sukabumi. Cafe ini salah satu tempat favorit keluarga kami. Berada di pinggir jalan utama, dengan lahan parkir yang luas. Tempatnya juga luas dan nyaman. Namun, sebelum makan. Yuk intip sejarahnya cafe Bubur Ayam Sukabumi ini. 

Sejarah Nama Cafe Bubur Ayam Sukabumi 

Owner cafe ini Haji Ridwan adalah seorang warga daerah asli Sukabumi, tepatnya Cidahu. Dia berhasil sukses mengembangkan bisnisnya di Jakarta. Lalu membuka cabang di daerahnya sendiri. Tak ada yang menyangka bahwa bos kontrakan dan cafe  ini adalah orang yang dulunya hanya seorang tukang bubur ayam biasa yang mengadu nasib di Jakarta. 

Setelah sukses buka banyak cabang bubur ayam khas Sukabumi  di Jakarta. Beliau memilih membuka cafe yang lebih luas dan lengkap di wilayah Cicurug. Dengan desain roof top juga. 


Owner Cafe Bubur Ayam Sukabumi

Menu Andalan di Cafe Sukabumi 

Karena namanya cafe bubur ayam Sukabumi, jelas menu andalan dari cafe ini ya bubur ayam. Namun, cafe ini menawarkan berbagai jenis bubur ayam. Ada bubur ayam spesial, bubur ayam seafood dan bubur ayam sapi. Tentu ini tak ditemui di gerai lain yang menjual bubur ayam. 

Berbagai menu ditawarkan di sini. Namun, sajiannya rata-rata terdiri dari masakan Sunda. 
  • Bubur Ayam 
Jika kalian ada yang tidak tahu bubur ayam itu seperti apa. Bubur ayam adalah salah satu kuliner khas Jawa Barat. Terbuat beras yang dimasak sampai lembut lalu diberikan berbagai toping. Kenapa dinamakan bubur ayam, karena topingnya didominasi ayam suir, makanya dinamakan bubur ayam. Selain ayam ada toping lain seperti kacang kedelai goreng, kerupuk dan juga bawang goreng. 

Beda daerah, beda juga toping yang disajikan. Selain ayam, ada yang menambahkan sate ati ampela seperti di Cianjur. Beda lagi kalau di Bandung, biasanya ditambah potongan cakue dan telur rebus. Sedang di Sukabumi, ciri khasnya ada sayur daun bawang. 
  • Seblak 
Seblak adalah kuliner yang terbuat dari kerupuk yang direndam lalu diberi bumbu rempah khas seperti cabai dan ken
cur. Kuliner ini cenderung pedas. Di cafe ini seblaknya enak dan pas bumbunya. Belum lagi pilihan varian yang banyak.
  • Bebagai Jenis Olahan Nasi
Berbagai nasi goreng tersedia dalam berbagai varian menu. Yang paling populer adalah jenis nasi goreng gila yang rasanya super pedas. 
  • Seafood
Menu terbaru dari cafe ini adalah berbagai jenis olahan seafood yang diracik dengan bumbu yang pas. Soal harga, bisa lihat di daftar menu. Harga - harga makanan di sini relatif murah dan terjangkau.  Sedangkan menu yang lainnya adalah menu yang biasa kita temui dalam masakan Indonsia. 
  • Sop
Menikamti sop iga di tengah cuaca hujan ditambah iringan musik menambah suasana begitu rileks. Tersedia berbagai jenis sop disini ada sop iga, sop buntut dan sop ayam. 
  • Ayam 
Menu ayam yang paling enak di cafe ini yaitu ayam bakar tawilang. Tersedia dua pilihan ada kecap ada juga yang super pedas. Daging ayamnya lembut, bumbunya meresap dan pas. Lalapan yang disediakan juga segar. 
  • Sapi
Aku baru sekali sih mencoba menu sapi lada hitam. Overall menu di sini sih enak-enak cocok dengan lidahku yang tak suka manis. 
  • Bihun, capcay dan mie 
Jika tak ingin makan nasi, bisa pilih menu bihun, mie atau capcay yang enak. porsinya pas tidak terlalu sedikit tidak juga terlalu banyak. Dengan harga mulai dari Rp. 15.000 dijamin kenyang dan nikma
  • Minuman 
Banyak menu minuman yang disajikan di sini. Smothies buah dan milkshake adalah minuman favorit yang dipilih anak saya. Es jeruknya juga murah hanya lima ribu perak, kita sudah mendaptkan satu gelas  mediaum. 

  
Menu spesial

Daftar menu


Variasi menu

Fasilitas Cafe

Cafe ini mengusung tema rooftop. Tempat yang luas dengan kursi yang terpasang rapi. Belum lagi semilir angin yang langsung menerpa wajah. Dari cafe kita bisa melihat jalanan Cicurug yang ramai. Lampu-lampu jalan menjadi pemandangan yang indah saat malam. 




Selain tempat parkir yang luas dan tempat makan yang utama berupa rooftop. Cafe ini juga menyediakan gazebo-gazebo kecil namun cukup untuk keluarga kecil. Jika menginginkan tempat yang luas untuk pertemuan, rapat dan perayaan. Cafe ini bisa disewa untuk acara ulangtahun, rapat kantor atau acara reuni. 



Jika kemalaman atau kelelahan menuju Jakarta atau Bogor dari Sukabumi. Kamu bisa mampir ke sini. Alamatnya di komplek graha Setiabudi tepat di seberang pertigaan arah Cidahu. Letaknya tak jauh sebelum POM bensin Cicurug kalau dari arah Sukabumi. 

Tak perlu khawatir jika waktu sholat masuk. Karena di sini juga tersedia untuk sholat. dan deretan kamar mandi yang bersih. Hanya saja ada yang perlu diperhatikan. Jangan ke sini saat menjelang buka puasa. Apalagi tanpa mengkonfirmasi terlebih dahulu. Dijamin kehabisan dan menunggu cukup lama untuk membuat pesanan. Jika kamu malas keluar, maka gunakan aplikasi pesan antar seperti Grab dan gojek telah tersedia. 


Nah, sahabat vie, jika ke Sukabumi terutama Cicurug. Jangan lupa  mampirlah untuk sekedar rehat dan sholat. Cafe Sukabumi memang diciptakan untuk kita bersantai-santai menikmati berbagai hidangan. 

Vie
I am a simple woman. Penyuka warna jingga. Seorang Ibu juga seorang pendidik yang menggandrungi dunia kepenulisan. Volunteer di Komunitas Guru Belajar (KGB) Sukabumi dan Komunitas Guru Madrasah Menulis

Related Posts

4 komentar

  1. ya ampun ituu menu yang dipesannya pengen ku habiskan deh

    BalasHapus
  2. wah banyak banget menunya...puas milihnya ini

    BalasHapus
  3. harus ke cidahu nih buat icip-icip, maknyus kayanya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email